Menakar Potensi Hutan Pinus Rombeng di Desa Bonto Lojong Kabupaten Bantaeng

ryawan, 01 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BANTAENG- Bupati Bantaeng DR.H.Ilhamsyah Azikin, Msi, Mengajak sejumlah Awak media menikmati pemandangan sambil minum kopi dan ngobrol  bersama di kawasan Agrowisata, Desa Bonto lojong, kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Sabtu sore (30/11/2019)

Dengan Luas 19,17 Km2, Desa Bonto sebagian besar penduduknya bergerak di sektor pertanian sehingga sangat mendukung sebagai desa Agrowisata,  Namun Desa ini Juga memiliki kawasan Hutan Lindung Pohon Pinus.

Hal ini membuat Bupati Bantaeng berinovasi memanfaatkan suatu kawasan hutan menjadi potensi besar pada bidang pariwisata, Tujuannya Desa Bonto Lojong sebagai desa Agrowisata lebih maju lagi mendatangkan devisa.

"Bagaimana memanfaatkan alokasi dana desa dalam sektor pariwisata, Ini juga yang memotivasi stakeholder di seluruh tingkatan, Baik di kabupaten, kecamatan dan desa untuk berinovasi."Kata Bupati

Bupati dalam suasana santai bersama awak media, Mengulas potensi sumber daya alam Desa Bonto Lojong sebagai kawasan wisata sangat menarik. Hal ini di dasarkan pada potensi pertanian Desa Bonto Lojong sebagai kawasan agrowisata akan di kembangkan lagi menjadi Kawasan wisata dengan konsep ekowisata. Dan pengembangan potensi pendukung lainnya.

"Kita juga sudah mendiskusikan kedinas pariwisata dan pemerintah setempat, tentang konsep Home stay, bagaimana memanfaatkan Rumah warga bagi pengunjung bisa menginap sehingga betul betul merasakan suasana dikampung", Ungkap Bupati

Menurutnya, Konsep Homestay ini jadi bukan membangun Villa, Bagaimana memanfaatkan Rumah warga, Tentunya dengan standarisasi terpenuhi bagaimana kamar tempat tidurnya, kamar mandinya yang layak untuk pengunjung.

"Anggaran ada di dinas pariwisata dan dana desa, bagaimana memanfaatkan dana tersebut dengan inovasi inovasi, Seperti aktivitas pariwisata itu bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat (Rumah tangga)", harap Bupati.

"Disini kita juga memikirkan keberadaan hewan (kuda) sebagai modal transportasi menuju dan mengelilingi Obyek Agrowisata dan wisata pemandangan hutan Pinus", ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bonto Lonjong M.Tamrin mengatakan kalau keberadaan obyek wisata di desanya sangat direspon oleh warga apalagi dari sisi ekonomi dapat menambah penghasilan.

"Kami berharap pak Bupati bisa terus mengawal dan mendukung serta memberikan motivasi kepada kami dalam membangun desa", Singkat M.Tamrin.

Sebelumnya Bupati juga memaparkan dihadapan pengunjung dan pemerhati wisata yang hadir pada kawasan tersebut, dikatakannya, Telah hadir wisata Alam Hutan Pinus Rombeng dan dalam pengembangan potensi yang ada didalamnya untuk menarik minat pengunjung.

Bagaimana Keberadaan Hutan Pinus ini kita manfaatkan sebagai obyek wisata kata Bupati, Tujuannya bukan saja sekedar berwisata, namun keberadaan pengunjung, juga sekaligus dapat menjaga kelestarian dan adanya potensi terjadinya kebakaran hutan.hal ini sangat terkait dengan keberadaan mahasiswa, peneliti, aktifis yang hadir untuk meng-edukasi masyarakat setempat dalam pelestarian hutan, termasuk menciptakan lahan pembibitan untuk regenerasi.

(Ryawan).

 

 

 

 

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu