Kabag Pemerintahan Setda Bantaeng Publikasikan RLPPD Tahun 2020

Kabag Pemerintahan Setda Bantaeng Publikasikan RLPPD Tahun 2020

BANTAENG - Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Bantaeng, Laode Abraham, S.Sos, M.Si, Mempublikasikan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Bantaeng Tahun 2020, Jum'at, (26/8/2021).

Laode Abraham, Yang baru dilantik selaku Kepala Bagian Pemerintahan Setda Bantaeng pada tanggal 13 Agustus 2021 itu, mengungkapkan bahwasalah satu kegiatan Bagian Pemerintahan Setda Bantaeng Tahun 2021 adalah Publikasi RLPPD Tahun 2020 kepada masyarakat melalui media cetak dan media elektronik.

"Kegiatan ini dilakukan paling lambat 6 bulan setelah batas akhir penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)", Kata Alumni STPDN yang sebelumnya  menjabat Kepala Bidang Government Diskominfo Bantaeng.

Menurut Dia, Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, pasal 23 menjelaskan bahwa Kepala Daerah wajib menyampaikan RLPPD kepada masyarakat melalui media cetak dan media elektronik.

"RLPPD merupakan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang memuat Capaian kinerja Makro, Ringkasan Capaian kinerja Urusan Pelayanan Dasar, Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Opini atas Laporan Keuangan Daerah tahun sebelumnya, Ringkasan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Anggaran Daerah dan Inovasi Daerah", Urainya

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan setelah kegiatan Penyusunan Laporan Penyelengaraan Pemerintah Daerah (LPPD) telah selesai di susun", Lanjut Dia

Dia mengatakan bahwa Kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang pernah digeluti sewaktu masih menjabat Kasubag pada Bagian Pemerintah sehingga kegiatan ini bukan merupakan barang baru baginya.

Dirinya juga ikut bangga bahwa dari catatan laporan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Naik O.95 persen capaian kinerja tahun 2019 dari 68, 30 menjadi 68, 73 pada tahun berikutnya, sumber data badan pusat statistik (BPS) kabupaten Bantaeng tahun 2021.

Media ini mengutip kembali data dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulsel menyebutkan selama masa pandemi Covid-19, sejumlah daerah mengalami penurunan opini keuangan daerah. Tetapi khusus, untuk wilayah selatan Sulsel, Kabupaten Bantaeng mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Bantaeng diketahui mempertahankan WTP ke enam kalinya. Predikat WTP diberikan sebagai bukti bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.(*)

Bantaeng Sul-Sel
Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed

Previous Article

Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan...

Next Article

Polres Bantaeng Amankan 8 Orang dan 41 Motor...

Related Posts